STAI Sukabumi, ‘Meletek’

“Langkah-langkah yang telah tertempuh

Melesakkan kita ke tujuan

Waktu-waktu terus buktikan

Cuma kita yang semakin di depan

Bila kita terus rapatkan barisan

Dan tetap terus bergandengan tangan

Tentu kita semakin di depan”

Bait syair di atas ada dalam lagu promo salah satu produk motor ternama, namun kita tidak sedang dalam mempromosikan hal tersebut, akan tetapikita sedang promosi STAI Sukabumi. Syair tersebut nampaknya seiring dengan langkah-langkah yang sedang ditempuh oleh lembaga STAI Sukabumi di dalam mencapai visinya (Menjadi Program Yang Unggul Dan Berdaya Saing Dalam Pendidikan Islam Tahun 2018 di Jawa barat). Syair tersebut sekaligus menjadi spirit bagi civitas akademik. Insya Allah dengan selalu meningkatkan kinerja dari waktu ke waktu serta merapatkan barisan dan bergandengan tangan kita yakin STAI Sukabumi semakin maju dan semakin di depan bahkan terdepan.

MELETEK (melek teknologi). Salah satu komponen yang mendukung terhadap pencapaian visi yang dicanangkan yakni hadirnya ICT di kampus STAI Sukabumi.Kini STAI Sukabumi mensejajarkan dirinya dengan perguruan-perguruan tinggi yang menjadi kompetiternya ( Bankmarch) di Jawa Barat. Hadirnya ICT di kampus STAI Sukabumi dengan berbagai fasiltas seperti Hotspot,web, Blog, E-Mail, E-Learning, dan tidak lama lagi beberpa bulan ke depan akan hadir pula Sistem pengelolaan akademik berbasis IT dengan menggunakan jaringan LAN (Local Area Network) dengan fasilitas acses point servis dan jaringan internet.

Dinamis, kreatif, dan inovatif harus menjadi landasan dalam melaksanakan setiap tugas bagi pimpinan beserta jajarannya, dosen, dan mahasiswa. Bagi dosen dan mahasiswa tentu dalam aktivitas kegiatan belajar-mengajar dapat mengembangkan pembelajaran yang efektif dan menyenangkan dengan memanfaatkan berbagai fasilitas yang sudah ada dan dimiliki oleh lembaga. Salah satu upaya optimalisasi pemanfaatkan fasiltas tersebut mengembangkan model pembelajaran yang sesuai dengan situasi, tuntutan, dan kebutuhan. Model dan strategi pembelajaran yang dapat dikembangkan dan diterapkan oleh dosen dalam proses belajar-mengajar baik di dalam kelas maupun di luar kelas dengan menggunakan pembelajaran berbasis internet dan berbasis web yang dikolaborasikan dengan pembelajaran tradisional (Blended Learning).

Di samping peningkatan kualitas pembelajaran yang dilakukan oleh dosen dan mahasiswa, juga lembaga terus meningkatkan layanannyakepada mahasiswa,orang tua wali mahasiswa, institusi (user) pengguna jasa out put yang dihasilkan STAI Sukabumi. Dengan melakukan perbaikan secara terus menerus (continus impropment)dalam rangka memberikan kepuasan(service setisfection) kepada semua pihak (stakeholders).Upaya yang dilakukan merupakan citra bagi lembagaSTAI Sukabumi dalam memberikan jaminan mutu (quality assurance) kepada semua pihak.