Tafakur Alam ala STAI Sukabumi

Pengurus Senat Mahasiswa STAI Sukabumi kerap memanfaatkan hari libur selain hari Minggu dengan mengadakan kegiatan Tafakur Alam. Peserta yang terlibat dalam kegiatan tersebut yaitu Mahasiswa Pecinta Alam (MAPASS), Korp Suka Relawan (KSR), PRAMUKA, dan Paduan Suara Mahasiswa (PSM).

Kegiatan Tafakur Alam dilaksanakan sehubungan amanah yang terkandung dalam AL-Quran surat Ali Imran ayat 190-191. “Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang yang berakal, (yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadaan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi,” ujar salah satu pimpinan dan dosen di STAI Sukabumi, Dadang Sahroni.

Kegiatan Tafakur Alam Senat Mahasiswa beserta UKM STAI Sukabumi dilaksanakan di Pondok Halimun Selabintana Sukabumi dengan acara Hiking ke Curug Cibereum dengan mengambil rute atau check point melalui pintu timur gunung Halimun. Selain pengurus dan anggota UKM yang ada di lingkungan Senat Mahasiswa sebagai pesertanya, juga terdapat dosen dan staf sebagai peserta istemewa yang diundang oleh pengurus Senat Mahasiswa dan UKM STAI Sukabumi. Salah satu dari pimpinan dan dosen, Dadang Sahroni.

Ia mengatakan bahwa kegiatan Tafakur Alam ini sebagai wahana pembinaan mental dan fisik. Adapun tujuan dilaksanakan kegiatan, pertama untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT. Kedua adalah untuk mempererat tali silaturahim di kalangan pengurus Senat Mahasiswa, UKM, Dosen/Staf dan unsur pimpinan. Ketiga untuk meningkatkan keterampilan shopskills bagi mereka yang menjadi pengurus organisasi, baik organisasi intra maupun organisasi ekstra kampus. “Kegiatan Tafakur Alam berikutnya akan dilakasanakan dengan acara Raffting di sungai Ciuncal Baros dan sungai Cicatih Cikidang Sukabumi serta dituturkannya pada kegiatan tersebut akan mengundang kembali pimpinan, dosen dan staf STAI Sukabumi,” pungkasnya.