Sinergi Mahasiswa KKN STAI Sukabumi dalam Manajemen Zakat Masyarakat

Kamis, 18 Februari 2021


Sukabumi – Mahasiswa kelompok 1 KKN Gunung Guruh STAI bekerjasama membentuk UPZ (Unit Pengelola Zakat) di desa Gunung Guruh bersama pemerintah desa dan kecamatan setempat pada Jum’at, 05 Februari 2021. Kegiatan sinergis ini merupakan implementasi Tri Dharma mahasiswa poin 3 yaitu pengabdian kepada masyarakat. “Demi melaksanakan tri darma perguruan tinggi pengabdian kepada masyarakat, maka kami, selaku mahasiswa STAI Sukabumi semester akhir melakukan kuliah kerja nyata (KKN) di desa Gunung Guruh dan kami diberi tugas langsung dari desa untuk berkolaborasi mendirikan Unit Pengelola Zakat (UPZ) tingkat desa”, kata Antara, mahasiswa anggota kelompok KKN tersebut.

Zakat adalah kewajiban (mukallaf) umat muslim sekaligus bentuk pengamalan nyata rukun islam yang ketiga. Pengelolaan zakat yang efektif dan transparansi mampu mengentaskan masalah sosial dan ekonomi yang ada di masyarakat. Maka dari itu, pihak desa Gunung Guruh menginginkan adanya kesadaran di semua elemen masyarakat untuk mengeluarkan zakat, baik itu zakat fitrah ataupun zakat harta.

Setelah menerima perintah dari pemerintah desa, mahasiswa KKN STAI Sukabumi kelompok 1 Gunung Guruh, merumuskan rencana sosialisasi ke semua masjid jamie di desa Gunung Guruh pada tanggal 28 januari 2021. Kegiatan tersebut bertujuan untuk mengajak semua pihak DKM untuk bekerja sama dan mendirikan UPZ Desa Gunung Guruh. Para mahasiswa KKN berkoordinasi dan meminta saran dari sekretaris UPZ kecamatan Gunung Guruh yaitu Ustadz Firman pada selasa, 01 Februari 2021. “Untuk sekarang ade-ade mahasiswa minta surat undangan kepada pihak desa agar bisa dibagikan kepada setiap DKM masjid untuk menghadiri pertemuan sosialisasi dan pembentukan UPZ di desa”, ujar Ustadz Firman pada pertemuan tertutup dengan mahasiswa KKN yang beranggotakan Antara, Abiyu, M. Rofik, Hanifah, Tiara, dan Sinta.

(Koordinasi dengan Sekretaris UPZ Kecamatan Gunung Guru)

Bagi masyarakat desa Gunung Guruh sendiri upaya ini sangat penting dilakukan karena para mahasiswa menemukan fakta-fakta yang ada di lapangan bahwa mereka mendapatkan masukan-masukan untuk menyelesaikan permasalahan yang ada. Sebenarnya mereka memiliki banyak sekali ide dan juga gagasan yang luar biasa. Tapi keterbatasan fisik yang kebanyakan tidak lagi muda dan permasalahan keluarga juga kewajiban bekerja di siang hari menjadikan ide dan gagasan tersebut tidak terealisasikan dengan baik. Maka dari itu, tugas mahasiswa yang memiliki kewajiban mengabdi kepada untuk merealisasikan hal tersebut. Dikarenakan waktunya KKN yang terbatas, maka mereka harus meninggalkan sesuatu yang bermanfaat dan berkesan bagi kemaslahatan bersama.

Upaya ini mendapat respon baik dari pihak DKM dan masyarakat karena memang belum ada manajemen zakat yang baik disana dan juga berbagai permasalahan lain terkait pengelolaan tersebut belum terpecahkan. Selanjutnya, mahasiswa KKN melaporkan hasil sosialisasi dengan kades yaitu bapak Panji Cahya Purnama dan Bu Risa (Sekretaris Desa) untuk merancang kegiatan selanjutnya.

Sebagai langkah akhir, mahasiswa KKN beserta pihak desa memutuskan untuk mengundang seluruh ketua DKM dan pihak UPZ kecamatan Gunung Guruh untuk meresmikan UPZ desa Gunung Guruh pada hari Jum’at, 05 Febuari 2021 di GOR Desa Gunung Guruh. Acara ini dihadiri langsung oleh Bapak Panji Purnama Cahyana (Kades Gunung Guruh), Bapak Aep Saepudin (Ketua UPZ Kecamatan Gunung Guruh), Ustadz Yusuf Hasan Balawini (Ketua MUI desa Gunung Guruh), Ustadz Firman (Sekretaris UPZ Kecamatan Gunung Guruh sekaligus Ketua DMI Kecamatan Gunung Guruh), Bapak Anwar Basuni (perwakilan BABINSA), dan Bapak Wildan (perwakilan polsek Gunung Guruh)  dan para Ketua DKM Masjid Jami desa Gunung Guruh serta Mahasiswa KKN Kelompok 1.

Acara tersebut berhasil dilaksanakan dengan mematuhi prokes covid-19 dan berjalan sesuai dengan harapan. Badan UPZ desa Gunung Guruh terbentuk dengan struktur kepengurusan yang disepakati oleh semua elemen yang dihadiri dalam acara tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *