Penerapan Tasawuf dalam Pendidikan Modern

Oleh : Sarmita

Abstrak

Islam kaffah adalah Islam yang di dalamnya terpadu aspek akidah, syariah dan hakikat. Dari akidah lahir ilmu tauhid, dari syariah lahir ilmu fikih dan dari hakikat lahir ilmu tasawuf. Tasawuf tidak bisa diamalkan sendirian tanpa syariah seperti halnya syariah tidak bisa diamalkan tanpa landasan akidah. Dalam hal ini Penulis menekankan bahwa dimensi tasawuf sangat dipentingkan dalam kesempurnaan pengamalan ajaran Islam, yang diimplementasikan melalui muamalah pendidikan.

Bertasawuf artinya menghidupkan hubungan rasa antara manusia dengan Tuhan. Berbeda dengan kesadaran intelektual tentang adanya Tuhan yang belum tentu mendatangkan ketenangan jiwa, kesadaran rasa berhubungan dengan Tuhan dan menempatkan seseorang berada dalam harmoni sistem sunatullah. Bagi orang yang sudah sampai pada stasion ridha atau mahabbah, apalagi ma’rifat, maka ia tak akan terganggu oleh perubahan zaman hidupnya, karena pusat perhatiannya tidak lagi kepada yang berubah, tetapi kepada yang tetap tak berubah yaitu Allah SWT. Kesadaran rasa berhubungan dengan Tuhan dapat memupuk fitrah keberagamaan yang hanif dan mempertajam bashirah sehingga seseorang merasa perlu untuk mendekatkan dirinya (taqarrub) kepada Allah SWT.

Manusia secara lahiriah membutuhkan segala sesuatunya mudah didapat, transportasi yang mudah, komunikasi tanpa masalah, tetapi dalam hal kebutuhan pendidikan masih banyak orang tua yang salah menempatkan. Dalam kondisi seperti ini banyak orang tua yang lebih menitikberatkan kepada hal yang bersifat duniawiah. Kenyataan membuktikan, bahwa pada umumnya orang tua akan bangga apabila dalam pelajaran bersifat umum mendapat nilai tertinggi. Sementara untuk nilai pendidikan agama masih banyak yang kurang peduli. Padahal pendidikan agama jauh lebih penting dalam membentuk karakter, moral dan akhlak anak. sementara pada era modern sekarang, pendidikan agama merupakan landasan yang sangat fundamental dalam mencapai keberhasilan tujuan pendidikan secara umum baik dari nilai etika maupun estetika dan akhlak.
Keywords : Tasawuf, pendidikan, modern.

Selengkapnya…

Scroll to Top