Pesantren Sarjana Online STAI Sukabumi

 

Sukabumi – Sebanyak 316 mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Sukabumi semester akhir mengikuti kegiatan Pesantren Sarjana online. Kegiatan pesantren sarjana tersebut menjadi agenda rutin yang wajib diikuti seluruh mahasiswa STAI Sukabumi sebelum menyelesaikan masa studinya. Pesantren Sarjana Tahun Akademik 2020/2021 ini terbagi ke dalam beberapa kelompok pesantren yang telah disesuaikan berdasarkan daerah KKB dan berlangsung dari tanggal 16 Januari sampai dengan 17 Januari 2021.

Ketua STAI Sukabumi, Prof. Dr. H. Endin Nasrudin, M.Si. mengatakan, kegiatan Pesantren Sarjana merupakan kegiatan ciri khas yang melekat dengan jati diri lembaga STAI sehingga sangat sayang untuk dilewatkan. Menurutnya, justru di tengah wabah pandemik COVID-19, kegiatan pesantren tetap harus dilaksanakan guna memberikan bekal wawasan keislaman bagi calon sarjana sebelum terjun ke masyarakat.

Dalam pelaksanaan kegiatan Pesantren Sarjana, para peserta wajib mengabsen diri secara online. Selain digunakan untuk mengisi daftar hadir, absensi tersebut juga dimanfaatkan mahasiswa untuk mengisi kesimpulan materi dan mengirimkan resume kegiatan pesantren.

Pak H Dadang, selaku Penanggung Jawab kegiatan Pesantren Sarjana mengatakan, untuk kelas besar yang melibatkan seluruh peserta, STAI Sukabumi memanfaatkan aplikasi zoom yang dapat menampung hingga ratusan peserta. Sementara untuk kelas kecil, para peserta dibagi ke dalam sepuluh kelompok pesantren yang tersebar di wilayah Sukabumi, Cianjur dan Bogor yang masing-masing dipandu oleh ketua kelompok (koordinator) sebagai host menggunakan room meeting terpisah.

“Secara prinsip STAI Sukabumi sudah berkomitmen untuk menjalankan semua aktivitas dan berkomitmen mempermulus acara sesuai dengan jadwal kalender akademik, meskipun keadaan sedang terjadi wabah pandemic covid-19. Kita akan laksanakan kegiatan sebaik mungkin, karena itu adalah hak mahasiswa yang akan mendapat gelar sarjana dan kewajiban kami sebagai sekolah tinggi agama islam,” jelasnya.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
Scroll to Top