Semangat Baru STAI Sukabumi dalam OPAK Online 2020

Memasuki tahun ajaran baru berbagai kegiatan perkuliahan STAI Sukabumi kembali dilaksanakan, salah satunya adalah kegiatan orientasi mahasiswa yang selalu menjadi kegiatan yang ditunggu-tunggu.  Dalam kondisi pandemi virus corona (covid-19) seperti ini, Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Sukabumi menyambut seluruh mahasiswa baru dengan melaksanakan orientasi secara daring atau online.

Kegiatan orientasi STAI Sukabumi yang lebih dikenal dengan OPAK (Orientasi Pengenalan Akademik) sukses dilaksanakan sehari pada Selasa (17/11/2020) melalui aplikasi Zoom Meeting secara semarak. Kurang lebih 545 mahasiswa baru yang diterima disini mengikuti kegiatan orientasi tersebut dari rumah mereka masing-masing.

Adit Nabil Ihsan Ahmad, selaku Ketua Pelaksana OPAK 2020 mengatakan bahwa kesuksesan dan kelancaran kegiatan orientasi tidak lepas dari kerja sama seluruh panitia beserta bantuan pihak civitas akademika STAI Sukabumi baik moril maupun materiil. Ia juga menambahkan jika koneksi internet menjadi kendala terbesar ketika pelaksanaan orientasi mahasiswa baru. “Meskipun terdapat kendala saat kegiatan yang kebanyakan diakibatkan oleh koneksi yang tidak stabil, namun kegiatan tetap dapat berjalan sesuai jadwal dan perencanaan awal” ucap Nabil, panggilan akrab ketua OPAK 2020 itu.

Mengusung tagline “Membentuk Kompetensi Mahasiswa Islam dalam Mengamalkan Tri Darma Perguruan Tinggi Di Era Pandemi”, diharapkan melalui OPAK 2020 mahasiswa baru dapat membawa nilai-nilai positif dan semangat Tri Dharma perguruan tinggi seperti menerapkan pendidikan yang berwawasan terbuka, membudayakan penelitian untuk menjawab kebutuhan masyarakat dan mengabdi kepada masyarakat sebagai tugas utama mahasiswa yang sebenarnya. Walau disampaikan secara online, Nabil yakin nilai-nilai inti itu dapat tersampaikan dengan baik kepada mahasiswa baru.

Kegiatan ini dimulai pada pukul 08.00 tepat dengan pembukaan terlebih dahulu dari Ketua STAI Sukabumi, Prof. Dr. H. Endin Nasrudin, M. Si, yang disertai oleh seluruh jajaran Pembantu Ketua (PK) dan semua Ketua Program Studi (Prodi) secara online sepenuhnya. Selanjutnya kegiatan diisi oleh materi-materi penting yang berguna bagi mahasiswa nantinya dari berbagai pemateri. Adapun materi-materi beserta pematerinya adalah sebagai berikut:

  1. Sistem Perkuliahan di STAI Sukabumi (Dr. Dasep Hanan Mubarok, M.Pd.I)
  2. Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara (Mayor CHB R. Khoirullah)
  3. Agenda Akademik dan Mekanisme Kampus (Dr. H. Mulyawan Safwan Nugraha, M.Ag., M.Pd.)
  4. Manajemen Administrasi (Drs. H. Abbas, MM.)
  5. Etika dan Kultur Mahasiswa (Muh. Hasan Marwiji, M.Pd)
  6. Pengenalan EMIS dan Aplikasi Lainnya (Deni Darussalam, M.Pd dan Jimmatul Arrobi, M.Pd)

Dalam proses penutupan kegiatan, Ketua STAI Sukabumi, Prof. Dr. H. Endin Nasrudin, M. Si berharap dengan adanya kegiatan OPAK 2020, mahasiswa baru memiliki gambaran mengenai dunia perkuliahan dan dapat mengenal STAI lebih dekat dan dapat bersinergi ke depannya. Ia juga berharap agar nilai-nilai atau budaya baik yang ada di lingkungan STAI Sukabumi dapat diterapkan oleh mahasiswa baru.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
Scroll to Top