Workshop Metodologi Penelitian Ilmiah dan Penulisan Artikel

Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam (PAI) Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Sukabumi mengadakan kegiatan “Workshop Metodologi Penelitian Ilmiah dan Penulisan Artikel” di Gedung Pertemuan Baru STAI Sukabumi pada Senin, 14 Desember 2020. Acara yang dihadiri oleh sekitar 50 mahasiswa Pascasarjana angkatan 5 dan 6 beserta dosen ini dibuka langsung oleh Ketua STAI Sukabumi, Prof. Dr. H. Endin Nasrudin, M. Si, secara khidmat dengan mengikuti protokol kesehatan covid-19 dari awal kegiatan hingga akhir.

Acara ini merupakan kegiatan rutin yang digagas oleh STAI Sukabumi dalam rangka penguatan metodologi penelitian ilmiah dan penulisan artikel dari penelitian tersebut. Sebagai salah satu upaya peningkatan publikasi ilmiah, STAI berupaya dengan serius lewat pengadaan workshop metodologi penelitian dan penulisan artikel untuk jurnal STAI. Kegiatan tersebut mendatangkan narasumber luar yaitu Ibu Rosleny Marliani, M.Si dari UIN Sunan Gunung Djati, Bandung. Beliau merupakan Editor In Chief di jurnal Psympathic yang berada dibawah naungan Prodi Psikologi UIN Sunan Gunung Djati.

Bu Rosleny Marliani, M.Si dalam pemaparannya menjelaskan tata cara serta konsep penulisan artikel jurnal yang baik, di mulai dari langkah persiapan, pedoman, fokus atau ruang lingkup (scope), review artikel hingga publikasi di akhir proses. Beliau juga tak lupa berbagi pengalaman tentang suka duka menjadi pengelola jurnal beserta manfaat yang didapat dari hal tersebut.

Hadir dalam acara tersebut juga narasumber dalam STAI yaitu Dr. Mulyawan Safwandy Nugraha M. Ag., M. Pd, yang membahas tentang metodologi penelitian karya ilmiah tesis. Beliau menekankan agar mahasiswa pascasarjana dapat mempelajari tata cara penulisan karya ilmiah tesis dengan baik sesuai pedoman STAI. Selain itu, beliau juga selalu mengingatkan tentang tanggung jawab akademis yang akan diampu oleh setiap mahasiswa, baik sebagai mahasiswa aktif maupun alumni. Diharapkan dengan adanya kegiatan workshop ini, mahasiswa pascasarjana STAI Sukabumi dapat berkontribusi aktif bagi masyarakat lewat pemenuhan kebutuhan informasi ilmiah dan pengembangan pemikiran bangsa.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
Scroll to Top