Workshop Statistika STAI Sukabumi: Geliat Penelitian Lokal di Masa Pandemi

Sukabumi – Program Pascasarjana STAI Sukabumi mengadakan program Kuliah Umum: Workshop Aplikasi Statistik dalam Penelitian Kuantitatif selama sehari yaitu pada Ahad, 14 Februari 2021 yang berlangsung di ruang Aula Kampus STAI Sukabumi.

Program Pascasarjana Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI), STAI Sukabumi mengadakan kegiatan ini dengan melibatkan tiga angkatan mahasiswa magister yaitu angkatan enam, tujuh dan delapan dengan total mahasiswa. Program ini merupakan kegiatan kuliah diluar jam aktif yang dijalankan dengan mematuhi prokes covid-19 baik di awal, tengah maupun akhir acara.

Mengikuti perkembangan analisis penelitian yang terus berkembang, maka pembekalan materi ini juga disesuaikan dengan kebutuhan mahasiswa yang akan melakukan penelitian, khususnya di masa pandemi saat ini. Para mahasiswa dituntut untuk menguasai ilmu statistika karena kebutuhan penelitian yang lebih menekankan pada interaksi dengan objek penelitian yang lebih minimal. Untuk memperlancar kegiatan ini, STAI Sukabumi mengundang Dr. Tahrir, S.Psi, M.Si dari Fakultas Psikologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Beliau merupakan ahli dalam bidang penelitian, karya tulis ilmiah dan perjurnalan yang sudah lolos tingkat Sinta 2. Selama kegiatan, peserta berinteraksi secara aktif dalam membahas penghitungan statistik berdasarkan metode-metode penelitiannya dan hal-hal krusial yang harus disesuaikan dalam melakukan penelitian selama masa pandemi saat ini. Beragam informasi dan pengetahuan yang dikemukakan berdasarkan pengalaman narasumber memberikan wawasan baru bagi peserta lainnya.

Dalam kegiatan ini, bukan hanya pembekalan materi statistika yang cukup komprehensif yang diberikan. Peserta juga masing-masing membawa studi kasus atau kendala yang pernah dialaminya sebagai sharing session dari peserta untuk dikupas permasalahannya, sehingga dapat memberikan solusi melalui interaksi selama acara berlangsung. Ajang ini juga menjadi kesempatan bagi peserta untuk pengkajian lebih dalam lagi permasalahan yang akan mereka ajukan pada penelitian tesis ke depannya.

Diakhir acara, kegiatan ini juga melakukan sebuah evaluasi bagi peserta dalam mengikuti pelatihan. Dengan harapan, setelah mengikuti semua rangkaian kegiatan yang diikuti oleh peserta dapat memberikan pengalaman dan keterampilan dalam menganalisa data statistik dengan baik.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
Scroll to Top